Rabu, 04 Juni 2014

Hewan Eksotis yang Telah Punah

Menurut perkiraan terakhir, ada sekitar 200 spesies binatang yang punah setiap harinya. Jadi jangan heran kalau kamu mungkin tidak akan pernah lagi liat binatang-binatang yang dulunya berkeliaran dibumi sekarang udah gak pernah keliatan lagi. Sayangnya ada binatang-binatang keren yang dulu menguasai bumi sekarang sudah gak ada lagi. Berikut ini adalah 10 binatang kece yang sudah dinyatakan punah:

1. Quangga

Punah tahun 1883, adalah subspecies dari zebra yang hidup di Afrika Selatan.

2. Thylacine

Punah tahun 1936, Thylacine juga dikenal dengan nama Macan Tasmania. Meski terlihat seperti jenis kucing, namun binatang ini adalah hewan pengerat (sejeni tikus) dan bukan dari keluarga macan sama sekali. Habitatnya adalah di Australia, Tasmania, dan Papua Nugini.

3. Steller’s Sea Cow

Punah tahun 1768, sapi laut ini beratnya bisa mencapai lebih dari 3 ton atau lebih berat daripada manatee yang kita tau hari ini. Habitatnya ada disepanjang garis pantai Pasifik Amerika namun punah tidak lama setelah kedatangan manusia.

4. Irish Deer

Rusa Irlandia ini punah 7.700 tahun yang lalu. Rusa terbesar yang pernah ada ini tinggal di Eurasia, dari Irlandia hingga ke Danau Baikal, diakhir jaman Pleistosen hingga awal jaman Holocene.

5. Caspian Tiger

Macan Kaspia atau yang juga dikenal dengan nama Macan Persia yang eksotis ini punah sejak tahun 1970. Subspesies dari Macan ini ditemukan di Irak, Iran, Afghanistan, Turki, Mongolia, Kazahkstan, Tijikistan, dan daerah sekitarnya. Macan Persia ini juga adalah macan terbesar ketiga didunia.

6. Aurochs

Punah tahun 1627. Hewan yang juga nenek motan dari lembu ini tinggal di Eropa, Asia, hingga Afrika Utara.

7. The Great Auk

Burung laut dari keluarga penguin ini punah tahun 1844. Saat masih hidup, spesies burung ini hidup di kepulauan disebelah timur Kanada, Greenland, Islandia, Norwegia, Irlandia, dan Inggris. Sayangnya burung ini harus punah karena perburuan yang dilakukan oleh manusia.

8. Cave Lion

Singa gua punah sekitar 2000 tahun yang lalu. Singa ini juga adalah jenis singa terbesar yang pernah ada dan menempati wilayah dari Eropa hingga Eurasia. Diperkirakan Cave Lion 5-10% lebih besar daripada singa modern.

9.Dodo

Burung Dodo punah sejak abad ke-17. Burung yang hanya ada di Mauritius, timur Madagaskar ini adalah salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang. Burung Dodo pertama kali ditemukan oleh pelaut Belanda dan terakhir kali terlihat dialam liar pada tahun 1662.

10. Tyrannosaurus Rex

T-Rex (untungnya) sudah punah 65 juta tahun lalu. Tyrannosaurus Rex adalah salah satu karnivora terbesar yang pernah ada ini dan juga salah satu yang paling populer karena sering banget muncul di film-film Hollywood dengan peran yang selalu antagonis.

sumber: http://www.lintas.me/news/other/editor/10-binatang-udah-punah

0 komentar:

Posting Komentar